RADIUS

Fri Oct 22 2021 03:24:22 GMT+0000 (UTC)

#Travel

Hawai Waterpark Dibuka, Anak 12 Tahun Boleh Masuk

Lima daerah di Jatim berada pada PPKM level 1, yakni Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar dan Kota Pasuruan

Anak-anak 12 Tahun ke bawah bisa menikmati wahana permainan air Hawai Waterpark di Kota Malang. (ist)

Radius-Malang – Hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa dan Bali semakin membaik. Sebanyak 5 kabupaten/kota di Jatim masuk dalam level 1, dan 9 kabupaten/kota berada di level 2. Sementara 24 daerah lainnya masih berkutat di level 3.

“Kasus aktif terus menurun, di Jawa-Bali hanya tersisa kurang dari 7.000 orang dari awalnya 510.000 kasus positif covid-19 varian delta yang menyerang kita pada 15 Juli lalu,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi virtual, awal Minggu lalu.

Berdasarkan Inmendagri no. 53 tahun 2021, untuk di Wilayah Malang Raya, yang masuk pada level 2 adalah Kota Malang dan Kota Batu. Sedangkan untuk Kabupaten Malang masih berada di level 3 pada perpanjangan PPKM minggu ini.

Luhut Binsar Pandjaitan

Terkait hal itu, ada berbagai kelonggaran yang sudah resmi diterapkan di Kota Malang, yakni anak di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan masuk ke pusat perbelanjaan Mal ataupun tempat wisata.

Nur Widianto, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang yang sekaligus sebagai Kepala Diskominfo Kota Malang mengatakan bahwa aturan tersebut resmi berlaku sejak 19 Oktober 2021.

"Memang ini didasari Mal dan tempat wisata yang memberikan stimulus adalah anak-anak. Jadi nanti perhatian dan prokes dijaga, orang tua harus mendampingi," kata Nur Widianto kepada wartawan.

Wisata air Hawai Waterpark yang berada di Perumahan Graha Kencana Jalan Balearjosari Malang, menyambut baik adanya kabar gembira ini. “Terbitnya peraturan yang memperbolehkan anak di bawah 12 tahun masuk lokasi wisata, kami sambut dengan suka cita. Semua persiapan telah kami siapkan untuk menyambut para wisatawan,” kata Andi Prasetya, Corporate Communication Hawai Waterpark Malang.

Adapun syarat wajib yang harus dilakukan adalah menggunakan protokol kesehatan ketat dan untuk anak-anak harus didampingi orang tua. Namun perlu diketahui, untuk sementara ini Hawai Waterpark membatasi hanya 25 persen pengunjung saja, kurang lebih sekitar 1.000 pengunjung setiap harinya.

Masuk lokasi wisata wajib dengan PeduliLindingi dan prokes ketat. (ist)

“Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi wisata air ini. Selain itu, nantinya kami akan lebih detail melakukan pengecekan data seperti nomor telepon orang tua yang mendampingi dan berapa lama berada di Hawai Waterpark,” ucapnya kepada Radius.

Andi Berharap, masyarakat yang akan berwisata di Hawai Waterpark bisa mengerti dan paham ketentuan wisata di masa pandemi, seperti harus sudah vaksin, menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta mematuhi protokol kesehatan.

Selain lokasi wisata, Movimax Cinemas melalui akun instagramnya juga sudah kembali memperbolehkan anak di bawah 12 tahun untuk masuk area bioskop. Syaratnya, wajib didampingi orang tua atau pendamping yang sudah vaksin satu kali dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama berada di area bioskop.

Sementara itu, di Jatim saat ini perkembangan level PPKM sudah mulai terlihat. Sebanyak 5 daerah di Jatim berada pada PPKM level 1, yakni Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar dan Kota Pasuruan.

Sementara itu 9 daerah lainnya berada di level 2, yakni Sidoarjo, Madiun, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Batu, Jombang, Banyuwangi, Gresik dan Lamongan. Sementara lainnya masih berada di PPKM Level 3, yaitu Tulungagung, Trenggalek, Situbondo, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Magetan, Lumajang, Kota Probolinggo, Kediri, Bondowoso, Blitar, Tuban, Sumenep, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Pamekasan, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Jember, Bojonegoro dan Bangkalan.

Kabar baik lainnya yang disampaikan pada evaluasi PPKM, angka kematian akibat virus Covid-19 ini pun juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Di beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY Yogyakarta dan Bali selama kurun tujuh hari terakhir tidak ada kasus kematian. Sedangkan di luar Jawa dan Bali hanya kurang dari lima orang yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Reporter : shintya juliana putri

Editor : chusnun hadi