RADIUS

Fri Oct 22 2021 03:08:38 GMT+0000 (UTC)

#General

Gempa Guncang Malang

Dengan magnitudo 5,3, terjadi pada Jumat, 22 Oktober 2021 pukul 09.21.15 WIB

BMKG

Malang-Radius - Gempa mengguncang Kabupaten Malang dengan magnitudo 5,3, terjadi pada Jumat, 22 Oktober 2021 pukul 09.21.15 WIB. Pusat gempa berada di 78 km Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 33 km. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Saat dikonfirmasi, salah seorang prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Malang, membenarkan bahwa telah terjadi gempa. Tetapi masyarakat Malang dan sekitarnya tidak perlu takut, meski tetap waspada. “Kita tidak bisa memprediksi apakah akan ada gempa susulan. Tetapi kita harus tetap waspada,” katanya saat dihubungi Radius.

Meski terjadi di Barat Daya Kabupaten Malang, tetapi getarannya terasa sampai di beberapa daerah. Selain di daerah Kabupaten Malang sendiri, juga terasa di Kota Malang, Blitar, Kediri hingga Tulungagung. “Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Gempa yang mengguncang tersebut sebenarnya tidak terlalu besar, tetapi masyarakat Malang dan sekitarnya sempat merasa ketakutan. Sebab mereka masih teringat dengan gempa yang terjadi pada 10 April 2021 lalu, dengan magnitudo 6,1. Saat itu guncangan sangat besar, dan hampir seluruh daerah di selatan Jatim merasakan guncangannya.

“Saya masih trauma dengan kejadian gempa di Malang April lalu. Karena itu, saat tadi terasa guncangan, saya langsung lari. Apalagi kantor saya berada di lantai 2. Untungnya gempanya tidak terlalu besar,” kata Juliana putri, salah seorang karyawan di daerah Polowijen, Kota Malang.

Reporter : chusnun hadi